Bolini Haroan

Rabu, 06 Februari 2013

David Spener Sihombing

SURAT TANGGAPAN DAN PEMBERITAHUAN
Membaca berita di Harian Metro Siantar, yang terbit hari Selasa tgl. 05 Februari 2013, halaman 9 kolom 1 dan halaman 10 kolom 1 dan 2, perihal Pesta Bona Taon Punguan Silalahi Raja. Dalam berita tersebut dijelaskan bahwa isteri/permaisuri dari Raja Silahi Sabungan ada 3(tiga) orang dan salah satunya yang pertama adalah boru Baso Nabolon yang mempunyai anak/putra yaitu : Silalahi Raja, sedangkan anak/pomparan dari Silalahi Raja ada 3(tiga) anak / putra yaitu : 1. Raja Tolping Silalahi/Tolping 2. Bursok Raja Silalahi/Pangururan 3. Silalahi Raja Parmahan/Balige.

Dari Berita Harian Metro Siantar diatas, dengan ini kami pomparan Silahi Sabungan dari Raja Parmahan / Siraja Bunga-bunga menyampaikan tanggapan sekaligus pemberitahuan sebagai berikut :
1. Dari tarombo turun temurun bahwa Si Raja Parmahan/Si Raja Bunga-bunga yang bermukim di Hinalang/Silalahi Dolok Balige adalah cucu dari Raja Silahi Sabungan di Silalahi Nabolak yang mempunyai 7 (tujuh) orang anak / putra dari boru Padang Batanghari , dan 1 (satu) dari isterinya si Boru Nailing boru Nairasaon, yaitu : 1. Loho Raja, 2. Nungkir/ Tungkir Raja Sondi Raja 4. Butar Raja 5. Dabariba Raja 6. Debang Raja 7. Batu Raja dan ke-8. Tambun Raja/Raja Tambun (dari Boru Nailing boru Nairasaon ) dan 1(satu) putrinya yaitu Siboru Deang Namora.

2. Raja Parmahan / Siraja Bunga-bunga sendiri yang bermukim di Hinalang Balige adalah cucu Raja Silahi Sabungan dari anaknya yang ke-3 yaitu Sondi Raja, sebagaimana tertera/tertulis pada makam/tugu Si Raja Parmahan di Silalahi Dolok Sopo Surung Balige.

3. Raja Silahi Sabungan hanya mempunyai isteri 2(dua) orang yaitu : Isteri pertama (1) Pinggan Matio boru Padang Batanghari dan isteri kedua (2) Si Boru Nailing boru Nairasaon.

Selanjutnya tanggapan ini merupakan PEMBERITAHUAN kepada seluruh pomparan Raja Silahi Sabungan khususnya kepada pomparan Raja Parmahan /Siraja Bunga-bunga di Hinalang Balige dan dimana saja pun berada agar tidak keliru dan membingungkan terhadap generasi berikutnya.

Perlu di tambahkan mengenai silsilah pomparan Raja Silahi Sabungan adalah sesuai dengan apa yang tertera dan tertulis di TUMARAS ( Tugu Makam Raja Silahi Sabungan) yang ada di Silalahi Nabolak, Desa Silalahi Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi.
Demikian Surat Tanggapan dan Pemberitahuan kami perbuat agar semua pomparan Raja Silahi Sabungan dapat mengetahuinya.
Pematang Siantar, 06 Februari 2013.
Atas nama Pomparan Raja Silahi Sabungan, Sondi Raja :

Maruahal Silalahi, MH. Ir. H. Naiborhu
Ketua Sekretaris
Mengetahui / manolopi :

St. M. Sihaloho, BA. Mentari Situngkir P. Silalahi Sondiraja

Drs. Tunggul Silalahi Sinabutar Ir. M. Silalahi Sidabariba Mangatas Silalahi Sidebang, SE.

Djawel Silalahi Pintu Batu, BA. St. H. Tambunan, SE.
Suka · · · 22 jam yang lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar